Tuesday, February 27, 2007

Manfaat Alpukat untuk Kesehatan dan Kecantikan


Meski belum diketahui dengan pasti asalnya, sebagian orang menganggap buah ini berasal dari Amerika Tengah dan Meksiko, sementara yang lain berpendapat kalua alpukat berasal dari Persia. Akan tetapi kandungan gizi dan vitamin yang tersimpan dibalik tebal dan lembutnya daging buah alpukat sudah sejak lama dirasakan khasiatnya…

Sebut saja vitamin C yang notabene mengandung antiokisdan yang ampuh untuk mengusir radikal bebas dalam tubuh; vitamin A yang berfungsi sebagai nutrisi pendukung imunitas sehingga tubuh tidak mudah terserang penyakit; dan vitamin E yang baik untuk mendukung kesehatan kulit.

Kandungan zat besi pada alpukat juga memiliki manfaat bagi tubuh. Hal ini karena di dalam tubuh zat ini berfunsi sebagai pigmen pengangkut oksigen dalam darah. Sementara oksigen sendiri diperlukan untuk fungsi normal selurush sel tubuh.

Demikian pula dengan kandungan kalium yang menurut beberapa penelitian dinilai mampu mencegah timbulnya stroke dan jantung koroner. Hal ini dimungkinkan karena di dalam tubuh kalium berperan membuat jantung dapat berdenyut teratur, mengaktifkan kontraksi otot, mengendalikan keseimbangan air dalam jaringan sel dan mengatur tekanan darah.

Untuk kecantikan, alpukat dinilai mampu melembabkan kulit, caranya cuci tangan dengan air hangat kemudian lumatkan alpukat secukupnya kemudian balurkan ke seluruh wajah kecuali mata. Setelah selesai diamkan beberapa saat dan bilas dengan air.

Selain itu, bagian kulit juga berguna untuk kehalusan kulit yang cenderung mudah jadi kasar misalnya siku dan lutut. Untuk itu, coba gosok bagian yang kasar dengan irisan bagian dalam kulit alpukat. Selamat mencoba.

No comments: