Thursday, March 1, 2007

Di Balik Rasa Alpukat yang Legit Khasiatnya Selangit

By Aris Solikhah

Memang legit, lunak dan ehm gurih. Apalagi ditambah susu, kelapa dan es wuih lebih nikmat lagi. Alpukat adalah buah yang dibilang unik. Berbeda dengan buah lain, alpukat mengandung lemak yang lumayan tinggi yakni 6,50 – 25,18 gram per 100 gram daging buah.


Lemak yang terdapat dalam alpukat sebagian besar (63%) merupakan asam lemak tak jenuh tunggal yang lebih dibutuhkan oleh tubuh manusia. Selain itu, menurut Irmanida Batubara, SSi., MSi, Staf Pengajar Departemen Kimia, Fakultas Matematika dan IPA, IPB, metabolit sekunder yang ditemukan dalam daging buah alpukat antara lain tannin, glutation, lesitin, saponin, alkaloid, dan flavonoid. Lebih lengkapnya lihat Tabel 1.


Tabel 1. Nilai nutrisi daging buah alpukat per 100 gram porsi makanan

Kandungan

Jumlah

Energi

85 – 233 kal

Air

67,49 g -84,3 g

Protein

0,27 – 1,7 g

Lemak

6,50 – 25,18 g

Karbohidrat

5,56 g – 8 g

Abu

0,70g – 1,4 g

Vitamin A

0,13 – 0,51 mg

Vitamin B1

0,025 mg – 0,12 mg

Vitamin B2

0,13 – 0,23 mg

Vitamin B3

0,79 – 2,16 mg

Vitamin B6

0,45 mg

Vitamin C

2,3 – 37 mg

Vitamin D

0,01 mg

Vitamin E

3 mg

Vitamin K

0,008 mg

Kalsium

10 mg

Besi

0,9 mg

Fosforus

20 mg

Kalium

604 mg

Natrium

4 mg

Serat

1,6 g

Alpukat berasal dari bagian tropis Benua Amerika yang kemudian pada abad ke-19 menyebar ke seluruh bagian tropis dan subtropis bumi. Alpukat tumbuh baik di lingkungan dengan suhu sekitar 25 – 300C pada siang hari dan 15 – 200C pada malam hari. Pohon alpukat hanya memerlukan syarat-syarat yang moderat dalam hal kebasahan. Bahkan di Indonesia bagian timur di mana curah hujan hanya sekitar 500 mm/tahun, pohon alpukat masih dapat tumbuh.


Berbagai bagaian tanaman alpukat dapat dimanfaatkan untuk kesehatan dan kecantikan. Untuk kesehatan, daging buahnya dapat dimanfaatkan untuk sariawan, menurunkan kadar kolesterol (LDL). Alpukat bermanfaat untuk mengobati luka bernanah.

Lemak pada alpukat bersifat antioksidan yang sangat berguna untuk mencegah kerusakan arteri akibat keganasan kolesterol LDL. Karena rasio kalium-natriumnya lebih besar dari 5:1, maka alpukat dapat menjaga kesehatan jantung dan pembuluh darah. Kandungan serat dan glutationnya membantu sistem pencernaan dan membuang sisa pencernaan yang beracun.


Daging buah lapukat ini, baik dikonsumsi oleh penderita HIV/AIDS. Karena kandungan lemaknya yang tinggi berfungsi sebagai sumber energi yang sangat dibutuhkan tubuh, serta kandungan glutationnya dapat meningkatkan kekebalan tubuh.


Bagi penderita diabetes, daging alpukat mampu melindungi fungsi hati akibat hepatitis (Hep C Connection, 2001). Vitamin E yang terkandung dalam buah alpukat akan bertindak sebagai antioksidan yang dapat mencegah kerusakan sel dari radikal bebas.


Biji alpukat bisa mengobati sakit gigi dan kencing manis. Daunnya yang berbentuk bulat telur memanjang pun juga sangat berkhasiat. Terutama untuk memperlancar kencing, mengobati kencing batu, batu ginjal, darah tinggi, sakit kepala, nyeri syaraf, nyeri lambung, saluran pernafasan membengkak, sakit punggung, sakit perut, disentri, dan menstruasi tidak teratur. Kulit kayu alpukat bisa mengiobati penyakit eksim.


Alpukat juga banyak digunakan untuk perawatan kecantikan.

Daging buahnya yang penuh vitamin E dapat dijadikan pelembut, penghalus kulit, pembersih muka, penghitam rambut dan pendingin mata. Sementara kulit bagian dalam buah alpukat mengandung senyawa humektan yang dapat menahan kelembapan.


Luar biasa bukan, khasiat si alpukat ini. Bila Anda berkeinginan menanam alpukat lebih baik jangan menanam bijinya, sebab lama sekali baru berbuah. Untuk mendapatkan buah yang memuaskan, dianjurkan menggunakan pohon-pohon hasil okulasi. Pohon-pohon muda ini banyak dijual di kebun tanaman. Anda tertarik, segeralah menanam alpukat maka Anda telah berinvestasi buat masa depan.


http://www.pustakatani.org/HasilPenelitian/

tabid/55/ctl/ArticleView/mid/375/articleId/148/

DiBalikRasaAlpukatyangLegitKhasiatnyaSelangit.aspx


1 comment:

anissa said...

pengen banget saya punya pohonnya, tapi sayang takut ulet...